Home » Berita Pemkot » DPPKAD Kota Palopo Sosialisasi Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah

DPPKAD Kota Palopo Sosialisasi Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah

uangDinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palopo menggelar sosialisasi pengelolaan keuangan dan barang milik daerah dan Pengenalan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae, Rabu 14 Agustus 2013.

Kepala DPPKAD Kota Palopo, Munasirah dalam arahannya mengharapkan kepada semua perwakilan SKPD untuk dapat memahami materi materi yang akan di berikan pada sosialisasi, agar dapat mengimplementasikan hal tersebut pada pengelolaan Keuangan dan barang miliki daerah.

“Kedepannya, pengelolaan anggaran daerah akan berbasis kinerja, dimana semua pertanggung jawaban harus betul betul sesuai dengan apa yang dikerjakan,” ungkapnya

Sementara itu, Asisten III, Andi Dahri AP, pada saat materi terkait SIMDA, menambahkan, pelaksanaan penandatanganan kerjasama pengelolaan SIMDA dilaksanakan segera mungkin dan akan langsung diimplementasikan dengan harapan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pelaksanaan kinerja pemerintah Kota Palopo dapat terukur dan terkontrol secara jelas dari waktu ke waktu, dan dapat diakses baik oleh  pihak BPKP maupun stakeholder terkait lainnya.

Lanjutnya, hal lain yang mendasar, MoU ini juga diharapkan dapat mewujudkan sistem informasi dan pengeloaan keuangan daerah yang lebih akuntabel, transparan, efektif dan efisien, dampak positif lain. ” Kita Berhar dari penjabaran MoU ini juga, secara tidak langsung kita ingin memotivasi segenap aparat pemerintah Kota Palopo dalam rangka menumbuhkembangkan sikap kesadaran dan karakter positif dalam hal pengelolaan keuangan maupun aset daerah.” Jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan Sekretaris DPPKAD Andi Muzakkir, S.Ip. selaku pemateri pada sosialisasi SIMDA, ia menambahkan bahwa keberhasilan dan kesusksesan penerapan SIMDA di Kota Palopo, akan sangat tergantung dari sejauhmana komitem dan sinergitas semua pihak.

“Insya Allah, jika kita serius secara bersama-sama dalam menjalankan akuntabilitas, baik dari segi keuangan maupun kinerja, maka tidak ada yang tidak mungkin dicapai, dan saya berharap kiranya kesepakatan kerjasama pada hari ini dapat menjadikan Kota palopo sebagai salah satu pilot project bagi daerah lainnya dalam hal penerapan SIMDA” Jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa yang pokok dalam pengelolaan keuangan yang menjadi dasar audit antara lain memenuhi standar akuntansi pemerintah, dan tidak menyesatkan seperti ada laporan yang jujur, tidak ada yang disembunyikan, angka yang disajikan wajar dan mengacu pada standar yang berlaku sesuai peraturan perundangan.

“Program aplikasi yang dikembangkan oleh Tim Aplikasi BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) yang ditujukan untuk membantu pemerintah daerah  dalam pengelolaan keuangan daerahnya. Dengan aplikasi ini, Pemda dapat melaksanakan pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, dimulai dari penganggaran, penatausahaan hingga akuntansi dan pelaporannya” jelasnya.(egi)

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 
 
 
 
301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.


Apache/2.2 Server at jimddos.info Port 80